Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau Human-Computer Interaction (HCI) adalah disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi fenomena-fenomena besar yang berhubungan dengannya. (Definisi Menurut ACM SIGCHI – The Assosiation for Computing Machinery – Special Interest Group on Computer Human Interaction).

Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer. Titik berat dalam Interaksi Manusia dan Komputer adalah : perancangan dan evaluasi antar muka pemakai (user interface).

Pengertian Interaksi, komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer. Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.

Definisi interaksi manusia dan komputer, sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).

Siapa saja yang terlibat dalam IMK 

1. Manusia 

- Jalur Input Dan Output 

- Memori Manusia 

- Proses Berpikir Manusia 

- Penyelesaian Masalah 

2. Komputer 

- Jalur Input dan Output 

- Memori Jangka Pendek 

- Memori Jangka Panjang 

- Proses 

Point penting dalam HCI 

• Bagaimana menentukan fungsi yang dimiliki sebuah system 

• Bagaimana menyajikan kepada user 

• Bagaimana membangun sebuah system 

• Bagaimana untuk menguji sebuah design

Tujuan Rekayasa Sistem 

a. Sistem yang efektif menghasilkan rasa keberhasilan, kompetensi, penguasaan, dan kejelasan dalam komunitas pemakai 

b. Tujuan yaitu membuat kualitas hidup pemakai lebih baik memang penting untuk diingat. 

c. Desainer ingin membuat sistem interaktif berkualitas tinggi yang dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru. 

d. Kita perlu bergerak lebih dalam dari sekadar gagasan “user- friendly”.

Tujuan rekayasa system IMK berdasarkan Fungsi

• Fungsionalitas yang semestinya. 

a. Sistem dengan fungsionalitas yang kurang memadai mengecewakan pemakai dan sering ditolak atau tidak digunakan. 

b. Sistem dengan fungsionalitas berbahaya : implementasi, pemeliharaan, belajar dan penggunaan sulit.

Kehandalan, ketersediaan, keamanan, integritas data 

a. Kehandalan (reability) : berfungsi seperti yang diinginkan. 

b. Ketersediaan (avaibility) : tersedia ketika hendak digunakan. 

c. Keamanan (security) : terlindung dari akses yang tidak diinginkan dan kerusakan yang disengaja. 

d. Integritas data (data integrity) : keutuhan data terjamin.

Standardisasi, integrasi, konsistensi, Portabilitas 

a. Standarisasi : keseregaman sifat-sifat antarmuka pemakai pada aplikasi yang berbeda. Gunakan standar industri yang ada. 

b. Integrasi : keterpaduan antara paket aplikasi dan software tools. 

c. Konsistensi : keseragaman dalam suatu paket aplikasi. 

d. Porbalitas: dimungkinkan data dikonversi pada berbagai hardware dan software.

Penjadwalan dan anggaran 

Perencanaan yang hati-hati dan manajemen yang berani diperlukan karena proyek harus sesuai jadwal dan dalam anggaran. 

Tujuan Perancangan Berdasarkan Faktor Manusia 

 • Setelah merencanakan sistem untuk memenuhi tujuan rekayasa system, pengembangan sistem dapat memusatkan perhatian pada proses perancangan dan pengujian. 

• 5 faktor manusia terukur (measurable human factors) adalah : 

 a. Waktu belajar 

 b. Kecepatan kinerja 

 c. Tingkat kesalahan 

 d. Daya ingat 

 e. Kepuasaan Subjektif 

Menampung keanekaragaman Manusia Perancangan perlu memperhatikan

a. Kemampuan dan tempat kerja fisik. 

b. Kemampuan kognitif dan perceptual. 

c. Perbedaan kepribadian 

d. Keanekaragaaman kebudayaan. 

e. Pemakai dengan kecepatan. 

f. Pemakai yang sudah tua.  

Perspektif dari ilmu komputer 

• Fokus terhadap interaksi dan hubungan khusus antara satu atau banyak manusia dan satu atau banyak mesin komputer 

Disiplin ilmu dalam HCI 

• Teknik Elektronika & ilmu komputer (desain aplikasi & teknik human interface) 

• Psikologi (aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user) 

• Sosiologi & antropologi (interaksi antara teknologi, work, dan organisasi) 

• Teknik sipil & Ergonomic (infrastruktur fisik) • Teknik Grafis, Tipografi & Linguistik 

Pendekatan HCI 

• Machine side ( teknik komputer grafis, sistem operasi, bahasa pemograman, dan bagaimana membangun environment yang relevan) 

• Human Side (teori komunikasi, graphic dan industrial design disipline, linguistic, ilmu social, psikologi kognitif, dan human performance are relevant)

Profil Komputer

Komputer terdiri atas beberapa perangkat yang saling berinteraksi untuk berbagai keperluan :

- alat masukan : penulisan dan menunjuk

- alat keluaran : layar, suara

- memori : RAM, hardisk

- prosessor : kecepatan proses, jaringan

Komputer berperan dalam menjalankan sebuah program. Ada 2 perbedaan mendasar dari interaksi :

- Batch : sekumpulan data dibaca/diproses olehm mesin, peran manusia dalam hal ini kecil, hanya sedikit intervensi/campur tangan pengguna

- interaktif : saat pengguna mengontrol sesuatu disepanjang waktu/setiap saat